“Wens Pappier”, Wadah Pandangan Masa Depan

ipmsuroboyo.or.id – Masa SMA sudah didepan mata, sudah bukan saatnya lagi bermain-main, bukan saatnya lagi menjawab “Gatau” saat diberi pertanyaan mengenai cita-cita. Namun sudah saatnya untuk mulai mempersiapkan diri untuk menata pilar-pilar untuk sebuah istana megah yang disebut masa depan.

Nah untuk memulai hal tersebut, kita bisa memulai hal itu dengan hal-hal kecil seperti menulis impian kita dalam sebuah media, agar kita bisa mengingat itu dan juga menjadi motivasi untuk kita bersungguh-sungguh dalam meraihnya. Dan IPM Smamga mewujudkan hal itu.

Masa Fortasi kemarin digunakan para peseta didik baru untuk menuliskan impian-impian, isi hatinya dan juga hal-hal lain dalam kegiatan yang disebut Wens Pappier. Dalam kegiatan itu tiap peserta diharuskan untuk menulis, mencurahkan, dan menuangkan pandangannya mengenai impian masing-masing dalam selembar sticky note. Dalam tulisan di sticky note itu, ada yang ingin menjadi wirausahawan, dokter, guru, perawat, pemain bola dan juga abdi negara. Bahkan, ada juga yang ingin bertemu dengan artis idolanya ataupun ingin balikan dengan sang mantan kekasih.

Hmm.. Cukup menarik.

 Setelah menuliskan impiannya, para peserta didik baru akan dipanggil per-PK masing-masing dan dituntun keluar kelas serta berbaris untuk menempelkan torehan-torehan tersebut dalam sebuah mading. Sudah ada kakak IPM yang bersedia mengarahkan para peserta untuk memberi tahu di bagian mading mana sticky note tersebut ditempel. Hal tersebut dilakukan agar ratusan sticky note tersebut tertempel, serta tertata dengan baik dan rapi.

“Bermanfaat sih, karna dengan menulis impian kita di kertas itu, dapat membuat kita semakin berusaha untuk mencapainya” begitu ucap salah satu peserta didik, Btari Meloga Wija saat dihubungi via WhatsApp. Dirinya juga menambahkan, bahwa Wens Pappier tersebut adalah hal yang menyenangkan baginya, sehingga tidak terlalu bosan terhadap materi yang ia terima.

Dari pernyataan Btari tersebut terlihat bahwa peserta didik baru di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya memiliki kegiatan yang bermanfaat dan inspiratif saat Fortasi beberapa waktu lalu. Wens Pappier ini dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengekspresikan impian-impian mereka dan memvisualisasikan cita-cita dalam bentuk sticky note. Dalam hal ini, sangatlah penting untuk memberikan dukungan, motivasi dan bimbingan terhadap para peserta didik baru untuk mewujudkan impian-impian mereka. Sehingga diharapkan para peserta didik baru Smamga ini dapat pelan-pelan meraih cita-cita mereka dengan dukungan lingkungan sekitarnya pula.

Mewujudkan impian bukanlah suatu hal yang mudah. Akan tetapi, dengan tekad yang sungguh-sungguh tentu tak ada yang tak mungkin. “Sebuah mimpi tidak menjadi kenyataan melalui sihir. Itu membutuhkan keringat, tekad dan kerja keras.” – Colin Powell

Diharapkan Wens Pappier dapat memberi dampak positif kepada para peserta didik, membantu mereka untuk menata dan membangun pilar-pilar yang kuat untuk hal yang mereka cita-citakan. Aamiin.

Penulis: Grannid Yudhistira Firdaus Rizky Vidi Laksana

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Selamat dan Sukses atas terpilihnya nahkoda baru PW IPM Jawa Timur Periode 2018-2020 pada Musyawarah Wilayah XXI IPM Jawa Timur