Semoga Saja, Kali Ini Betul Merdeka!

Oleh: Nur Rizki Larasati*

17 Agustus 1945 Indonesia menyatakan kemerdekaannya. bangsa yang sudah merdeka dari para penjajah, tapi itu dahulu karena penjajahnya belanda dan Jepang, apa kabar dengan sekarang apa sudah merdeka? apakah masih bisa disebut negara merdeka dari segala bentuk penindasan? kekerasan? pelecehan? ekonomi? pendidikan? ekologi?


Mungkin bagi kelas borjuis mereka merasa sudah merdeka dengan segala kebebasannya bagaimana dengan kelas proletar? dengan bentuk penyerangan yang dilakukan aparat kepada warga pakel, dago, maupun wadas belum lagi problem kampung tambak bayan?


Kebebasan menyuarakan pendapat selalu dibatasi oleh negara, Indonesia yang mengklaim negara Demokrasi apakah benar negara Demokrasi? undang undang yang dibuat secara ugal-ugalan tidak melihat akar rumput hingga nihil partisipasi. Kita berhak menuntut hak kita sebagai warga negara indonesia yang dimana kita berhak mendapatkan keadilan secara setara tidak adanya ketimpangan sosial.


Yang katanya hari merdeka selamat merayakan kemerdekaan versi kalian, kita semua berhak mendapatkan kemerdekaan dan berhak aman dari segala bentuk hal-hal yang mengancam kita.

*Sekretaris PC IPM Simokerto, Sahabat Literasi IPM Surabaya

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Dakwah Bil-Siniar, Sahabat Literasi Tetap Melangkah!