Santri PAM KH. Achmad Dahlan di lantik, Kenang Sejarah Kepemimpinan KH Ahmad Dahlan

IPMSUROBOYO.OR.ID – Untuk mengenang sejarah kepemimpinan KH. Ahmad Dahlan, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Krembangan menggelar Pelantikan bersama Pimpinan Ranting (PR) IPM Dupak Raya dan Morokrembangan yang bertempat di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, Ahad (20/3/2022).

Kepala Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan, Slamet Supriyadi menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai bentuk wadah generasi muda Muhammadiyah Krembangan yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan di masa yang akan datang. Di sisi lain, kegiatan ini sebagai bentuk mengingat kembali sejarah KH. Ahmad Dahlan yang pada zaman dahulu beliau melakukan dakwah kultural maupun sosial di Kampung Kauman, Jogjakarta. Sekaligus beliau merupakan ketua pertama dan pendiri Muhammadiyah.

Slamet Supriyadi memaparkan, melihat kondisi anak muda dimasa sekarang, banyak sekali anak-anak yang lemah secara mental. Generasi muda saat ini membutuhkan pendidikan kaderisasi sebagaimana yang dicontohkan KH. Ahmad Dahlan pada pada zaman dahulu.

“KH. Ahmad Dahlan saat masih muda melihat kondisi kehidupan masyarakat yang sangat primitif dengan budaya takhayul, bid’ah, khurofat. Saat beliau mengemban pendidikan agama, beliau sangat menginginkan perubahan budaya agama islam yang sebenar-benarnya. Sehingga dari kisah tersebut santri Panti Asuhan Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan dapat menjadi seorang pemimpin, melatih untuk menjadi pemberi solusi bukan menjadi pemberi masalah, dan melatih diri untuk kuat mental di remehkan orang apabila memiliki cita-cita yang tinggi,” terang Slamet Supriyadi.

“Sebelum resmi menjadi pimpinan, kegiatan tersebut diwarnai dengan sumpah pimpinan yang diucapkan secara serentak calon pimpinan dan diapresiasi berbagai pihak salah satunya Muhammadiyah Krembangan”, tutup Slamet.

Penulis: Fernanda Marnitio Pratanu

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Resmi Dilantik, IPM Krembangan Junjung Pelajar Progresif