Makna dibalik nama Kelompok di FORTASI SMAMGA Tahun 2023

IPMSUROBOYO.OR.ID – ‘Bro, lu tau ga sih makna dibalik nama-nama kelompok di FORTASI SMAMGA tahum 2023?’

Nah, jadi ceritanya tiap tahun di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya (SMAMGA), selalu mengadakan acara yang Bernama Forum Ta’aruf Siswa atau yang lebih akrab dipanggil FORTASI. Nah, di acara ini, para peserta didik baru yang masuk di SMAMGA pasti akan dibagi-bagi ke dalam kelompok.

Biasanya, pembagian kelompok ini sudah dilakukan sebelum acara FORTASI dimulai, di acara yang disebut PRA-FORTASI. Jadi, saat acara FORTASI sudah dimulai para peserta didik baru sudah saling mengenal satu sama lain dalam kelompoknya berkat adanya pembagian kelompok ini.

Nah, pada FORTASI SMAMGA Tahun 2023 ini terdapat 103 siwa baru lo, yang terbagi menjadi 11 kelompok, 5 kelompok Cewek dan 6 Kelompok Putra.

Uniknya, IPM SMAMGA pada FORTASI tahun ini menggunakan nama-nama Bunga untuk kelompok perempuan seperti Bunga Mawar, bunga Anggrek, dan bungga Kamboja, sedangkan untuk kelompok Putra menggunakan nama-nama Burung seperti Burung Jalak, burung Gagak. Dan Burung Perkutut.

Tapi kalian semua pada tau ga sih, sebenernya ada makna unik di balik nama-nama kelompok itu sendiri. Cekidot!

Blooming At The Chaotic Horizon” yang artinya ‘Mekar di Cakrawala Kacau’. Tentu saja, kata “Chaotic Horizon” menggambarkan masa pandemi Covid-19 dua tahun lalu yang menghadirkan banyak tantangan dan ketidakpastian dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Meskipun pandemi sudah berlalu, dampaknya masih terasa hingga sekarang.

Namun, nama-nama kelompok ini juga mengandung makna positif. “Blooming” menggambarkan semangat dan ketekunan kita sebagai pelajar untuk tetap bermekaran atau berkembang, serta mewujudkan mimpi-mimpi kita di era yang sedang kacau-balau. Meskipun menghadapi masa sulit, kita tetap berjuang dan optimis dalam meraih tujuan dan cita-cita.

“Kami memilih nama Bunga karena bunga identik dengan kata “Blooming” atau Mekar, dan nama Burung dipilih sebagai simbol terbang tingi untuk mencapai mimpi-mimpi kita. Dengan memilih nama-nama ini, kami berharap para seluruh peserta FORTASI dapat berkembang dan meraih impian mereka.” ujar Husein selaku Ketua Pelaksana FORTASI SMAMGA tahun 2023 (15/7/2023).

Itulah sebabnya IPM SMAMGA pilih nama Bunga dan Burung. Bunga identik dengan “Blooming” atau mekar, dan Burung simbol terbang tinggi untuk mencapai mimpi-mimpi. Semoga dengan nama-nama penuh makna ini, para peserta FORTASI bisa terus berkembang dan meraih impian mereka!

Penulis: Muhammad Rafi’i Husein

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Diskusi IPM Surabaya bersama bersama Ipmawan Velandani mengenai peristiwa Palestina