SMAMX Go Internasional, melalui FORTASI 2023

IPMSUROBOYO.OR.ID – Sekolah Keberbakatan SMA Muhammadiyah 10 Surabaya lebih dikenal SMAMX melaksanakan kegiatan FORTASI (Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa Baru) hari kedua pada tanggal 18 juli 2023. FORTASI SMAMX bertajuk “Wawasan Kebangsaan dan Internasionalisasi” diikuti 370 siswa dengan antusias.

FORTASI SMAMX ini bisa dikatakan berbeda dari FORTASI sekolah lainnya, karena FORTASI ini dilaksanakan dalam dua minggu, dan ada kegiatan baru yang menarik perhatian peserta FORTASI dan walimurid yaitu mengunjungi Konsulat Jendral dan beberapa Institut Ilmu Luar Negeri, yang terbagi menjadi beberapa Konsulat Jendral diantaranya Institut Francais Indonesia (IFI), King Sejong Institute (KSI), Wisma Jerman, American Corner Unair, Program Studi Hubungan Internasional Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kebangsaan internasional, artinya supaya anak-anak memiliki pengetahuan yang luas bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara itu tidak hanya dalam ruang lingkup Indonesia saja, tapi melingkupi dunia internasional, dan memiliki pemahaman kemanusiaan yang global.

Kegiatan ini juga menciptakan akulturasi budaya. Contohnya pada King Sejong Institute atau KSI Surabaya, disana para peserta diajak untuk bersama-sama merakit potongan puzzle berbentuk rumah tradisional Korea. Ada dua macam rumah, yaitu rumah rakyat biasa, dan rumah para petinggi. Juga banyak quiz dengan beberapa tahap dan mendapatkan hadiah-hadiah unik. Hal ini semakin membuat peserta antusias dan tertarik.

 Acara berjalan sangat meriah, berikut kesan pesan dari para peserta yang mengikuti kegiatan fortasi ketika mengunjungi Konsulat Jendral. “Seru, terus bisa mendapatkan wawasan internasional baru. Terima kasih sudah sabar hadapin kami ketika di Konsulat Jendral.” Ujar Dita salah satu peserta Konsulat Jendral IFI dari kelompok Alsace.

Kemudian saat kegiatan di American corner UNAIR berikut kesan pesan peserta. “Sangat seru, saya juga bisa mengerti bahwa di kejuruan ini mereka berkegiatan apa saja, terima kasih telah memberikan materi yang bermanfaat untuk saya kedepannya karena juga setelah SMA saya akan melanjutkan Pendidikan perkuliahan di Universitas Airlangga.” Ujar Nindy salah satu peserta American Corner UNAIR dari kelompok Neverland.

Penulis: Ni’ma Ashri Nur Syafa’at

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Javier: Yakin Bisa Berkembang dan Mengemban Amanah