Program Jumat Sehat dan Pojok Baca, Tutup FORTASI SMP Musix Ceria

IPMSUROBOYO.OR.ID – Tidak terasa hari Jum’at (22/07) adalah hari terakhir kegiatan Fortasi (Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa) dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Pada pagi itu, peserta Fortasi, murid kelas 8 dan 9, serta guru-guru mengadakan Jum’at Sehat. Sebelum acara dimulai, para murid berdoa dan membaca surat pendek terlebih dahulu. Ini merupakan rutinitas yang biasa dilakukan di SMP Musix Ceria.

Setelah selesai berdoa, semua berkumpul di lapangan lalu berbaris sesuai dengan anggota kelas nya. Musik dinyalakan, dan senam dimulai! Seluruh warga sekolah sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Walau terik matahari mulai datang, tidak menyurutkan semangat mereka untuk berpartisipasi dalam acara Jum’at Sehat sampai selesai.

“Senam nya rame dan seru bikin seneng” ujar Zena,salah satu peserta Fortasi.

Tidak hanya itu, setelah selesai Jum’at Sehat para murid kembali ke kelas masing-masing untuk membuat Pojok Baca. Pojok Baca adalah sudut ruangan yang digunakan untuk menampung buku-buku bacaan,baik buku fiksi, non fiksi, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.

Setiap murid dianjurkan untuk membawa alat dan bahan seperti gunting, lem, kertas lipat, hiasan bunga dan lain-lain. Selain itu ada juga yang menyumbang barang-barang bekas seperti botol, kardus atau apapun yang bisa dijadikan hiasan Pojok Baca. Buku-buku yang ada di Pojok Baca juga merupakan hasil sumbangan dari para murid.

Salah satu hasil dari pojok baca SMP Musix Ceria

Tujuan adanya kegiatan membuat Pojok Baca adalah karena ingin menumbuhkan minat anak-anak untuk membaca buku. Mengingat bahwa sekarang adalah zaman digital, dimana semua kegiatan menggunakan teknologi-teknologi canggih. Era ini sangat berpengaruh pada anak. Mereka akan lebih tertarik untuk menonton hal-hal yang menarik di gadget daripada membaca buku. Untuk itu, kegiatan membaca buku perlu digerakkan kembali.

“Acara-acara selama Fortasi menyenangkan banget. Semoga ke depannya seluruh adik-adik Fortasi pada betah dan semangat sekolah disini” ujar Sandra selaku kakak kelas 9.

Penulis: Alessandra Maura Raihanna

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Peran Pelajar Dalam Menghadapi Siaga dan Risiko Bencana, “Bangun Generasi yang Aman dan Tangguh!”