Inilah Kreatifitas SMP Musix Peringati Hari Pahlawan

IPMSUROBOYO.OR.ID. – Pada Kamis (10/11/2022), SMP Muhammadiyah 6 Surabaya mengadakan kegiatan jalan sehat, senam bersama dan lomba membuat poster dalam rangka merayakan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November ini.

Di pagi hari, semua guru dan murid berkumpul di lapangan sekolah untuk membuka acara. Siswa siswi terlihat senang dan bersemangat. Mereka terlihat antusias, dengan memakai baju pahlawan seperti dokter atau tentara.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama, dilanjut dengan mengheningkan cipta untuk menghormati para pahlawan yang telah berpulang. Kemudian berakhir dengan sambutan dari kepala sekolah, Drs. Ali Mujafal, M.Pd.I

Setelah acara pembukaan berlangsung, murid-murid pun melakukan jalan sehat mengitari area sekitar sekolah didampingi oleh beberapa guru serta bapak kepala sekolah yang juga turut hadir.

Selepas jalan sehat, seluruh murid melakukan senam sebentar kemudian beristirahat dan menikmati jajanan bazar yang diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah 4 Surabaya (SMAMIV), dimana lokasinya bersebelahan dengan SMP Musix Ceria.

Para pelajar SMP Musix saat tiba dari jalan sehat menggunakan baju pahlawan. (Foto; Maura)

Tak hanya itu, siswa siswi SMP Musix juga turut menyaksikan penampilan drama kolosal yang merupakan hasil karya dari murid-murid SMAMIV. Mereka mengusung tema Pertempuran 10 November sebagai isi cerita drama tersebut.

“Saya tentu sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini karena dapat membawa pengaruh positif, yaitu untuk menambah dan menumbuhkan esensi serta semangat pahlawan pada diri remaja. Yang disebut pahlawan sekarang tidak harus berperang dan angkat senjata, tetapi pahlawan adalah orang yang mampu berbuat kebaikan” ujar Drs. Ali Mujafal, M.Pd.I selaku kepala sekolah SMP Muhammadiyah 6 Surabaya.

Selesai istirahat dan pertunjukan drama, seluruh murid SMP Musix Ceria kembali ke kelas untuk melaksanakan lomba membuat poster yang bertemakan pahlawan. Semua menggambar sesuai dengan ide dan imajinasi masing-masing. Saat mewarnai poster, media yang mereka gunakan pun bermacam-macam mulai dari krayon, pensil warna, hingga cat air.

Salah satu murid kelas 9B, Sherina Suhara, mengaku merasa mendapat pengalaman baru saat mengikuti acara ini. “Seru banget bisa bikin poster bareng temen-temen, apalagi temanya pahlawan jadi kita bisa mengenang dan mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan” tuturnya.

Untuk ke depannya, diharapkan akan ada lagi kegiatan seperti ini. Karena selain dapat mengembangkan potensi minat dan bakat siswa, juga bisa membuat mereka sejenak melepas gadget dan sosial media(*)

Penulis: Alessandra Maura R.

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Muhasabah Akhir Tahun & Launching Mimbar Online