Tanamkan Jiwa Kebangsaan, Kapolsek Karang Pilang Ajak Pelajar SMAMIV Cinta Tanah Air

IPMSUROBOYO.OR.ID – Selasa, 19 Juli 2022 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya melanjutkan Forum Ta’aruf Siswa (FORTASI) dihari kedua. Kegiatan ini masih disambut antusias oleh para peserta FORTASI tahun ajaran 2022-2023. Sebelum memulai kegiatan, peserta FORTASI diwajibkan untuk sholat dhuha terlebih dahulu di Hall secara berjama’ah, sedangkan untuk kelas 11 dan 12 melaksanakan sholat dhuha dimasjid.

Dihari kedua ini, peserta disuguhkan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang dijelaskan oleh Kapolsek Karang Pilang. Peserta diajarkan untuk memiliki wawasan kebangsaan dan jiwa bela negara yang bisa menjadi cikal bakal pemuda yang siap menjadi kader untuk negara. Tak hanya itu, peserta juga dijelaskan tentang ancaman pada negara yang meliputi ancaman militer dan nonmiliter.

Setelah materi Wawasan kebangsaan dan bela negara, peserta diajak untuk Pelatihan Baris berbaris (PBB) yang dilaksanakan dilapangan SMAMIV oleh Kapolsek Karang Pilang. Peserta FORTASI diajarkan cara PBB yang baik dan benar, tak hanya itu, Kapolsek Karang pilang meminta perwakilan Paskibraka SMAMIV agat ikut serta untuk membantu mengajarkan PBB dengan benar.

Selain materi PBB, panitia memberikan materi tata tertib agar peserta didik baru dapat mengenal tata tertib yang ada di SMAMIV, materi tata tertib disampaikan oleh Tim Tata Tertib di SMA Muhammadiyah 4. Setelah materi tata tertib, para penanggung jawab gugus mengajak para peserta FORTASI untuk membuat yel-yel. Setiap gugus membuat yel-yel dengan kreatifitas tanpa dibantu oleh Panitia.

Setelah itu, peserta juga disuguhukan materi IPM yang disampaikan oleh kak Fitri dan kedua rekannya dari PC IPM Karang Pilang. Materi tersebut meliputi cikal bakal berdirinya IPM, strutur organisasi IPM dan bidang atau divisi yang ada di IPM. Para peserta fortasi menikmati materi ipm yang disampaikan oleh kak Fitri tersebut.

kegiatan selanjutnya diisi dengan lomba yel-yel. Para gugus menampilkan yel-yel dan jargon mereka dan kerja sama dalam satu tim didepan panggung. Sorakan tepuk tangan menghiasi hall, atas apresiasi kerja keras pergugus.

Setelah kegiatan lomba tersebut para panitia menyampaikan ke peserta untuk persiapan FORTASI di hari Rabu (20/07/22) lalu peserta FORTASI diarahkan untuk sholat dhuhur berjama’ah dimasjid, setelahnya- berkemas untuk pulang.

Penulis: PR IPM SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA – Fadilah Rahma Amalia

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Pelajar SMAMSA Gelar Aksi Tolak Valentine’s Day