FORTASI Main di Lapangan Kebraon? Yuk Intip Keseruan FORTASI 2023 Day-2 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya!

IPMSUROBOYO.OR.ID – Halo semua! Gimana kabarnya nih? Kalian lagi di masa MPLS atau udah selesai? Semoga kalian diberi kesehatan selalu ya..

Di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya ini juga sedang melaksanakan kegiatan MPLS loh! Tapi bedanya sebutan MPLS di Muhammadiyah bernama FORTASI, yang merupakan singkatan dari Forum Taaruf Siswa. Apa aja sih kegiatan FORTASI SMAMIV di hari kedua ini? Simak sampai habis ya!!

Agenda pada Selasa pagi (18/7/2023) hari ini dimulai dari sholat dhuha. Peserta FORTASI SMA Muhammadiyah 4 Surabaya (SMAMIV) Bersama-sama menuju ke Hall KH Mas Mansyur dan mulai melaksanakan sholat dhuha berjamaah. Yap! Sholat dhuha menjadi suatu rutinitas yang biasa dilakukan sebelum mengawali kegiatan atau pembelajaran di SMAMIV loh.

Seusai sholat dhuha, peserta FORTASI SMAMIV bergegas turun untuk berkumpul sesuai kelompok gugusnya masing-masing karena rencananya, para peserta akan mengikuti serangkaian permainan di lapangan yang letaknya tidak jauh dari sekolah. Hmm.. tebak mau main apa nih? Sebelum berangkat ke lapangan, satu-persatu gugus menunjukkan jargonnya masing-masing. Kemudian mereka mulai berangkat ke lapangan dengan dipandu oleh kakak-kakak IPM dan Arm4dilo (sebutan untuk tim supporter SMA Muhammadiyah 4 Surabaya).

Sesampainya di lapangan, telah tersedia berbagai pos permainan yang menarik diantaranya seperti:

  1. Permainan Ular Naga. Permainan yang mengharuskan peserta untuk berbaris memanjang, dimana orang yang paling depan memegang bullpen sebagai tusukan dan orang paling belakang dipasangkan balon yang diikat di pinggang. Orang yang memegang bullpen berusaha memecahkan balon lawannya, sedangkan lawannya berusaha untuk menghindar agar balon tidak meletus.
  2. Permainan estafet gelas plastik memakai balon yang ditiup.
  3. Permainan tebak lagu nasional. Yang seru dari permainan ini adalah apabila tidak tau lagu-lagu nasional, maka mereka tidak bisa menebaknya :p
  4. Permainan tebak gambar.
  5. Permainan estafet bola. Permainan ini merupakan lomba antar gugus. Peraturannya, 1 gugus membentuk baris lalu mengoper sesuai perintah dari kakak IPM. Jika kakak IPM berkata “goal!”maka orang yang terakhir memegang bola wajib memberikan bola ke kakak IPM yang ada di depannya.

“seru bangett! Disini saya diajarkan tentang pentingnya kekompakan dan kerjasama antar anggota gugus. Tak hanya itu, kakak-kakak IPMnya juga asyik dan sabar” Ucap Alessandra Maura R., sebagai salah satu peserta FORTASI SMAMIV dari gugus Filipina.

Begitulah kegiatan FORTASI di SMAMIV hari kedua, seru banget kan?? Setelah acara permainan berakhir, semua kembali ke sekolah. Lalu para peserta istirahat sejenak sembari memakan konsumsi yang diberikan oleh sekolah. Tidak terasa, adzan dhuhur berkumandang. Seluruh warga SMAMIV bergegas mengambil air wudhu dan melaksanakan sholat dhuhur berjamaah sebelum pulang.

Itulah kegiatan pada hari kedua FORTASI 2023 di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Gimana, seru banget kan? Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!.

Penulis: Nadine Maryam P.M

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Ciptakan Penulis Muda, IPM Surabaya dan Fun Bahasa Gelar Kelas Menulis