Belajar Toleransi Agama, Bidang KDI IPM Surabaya Tour ke Gereja Sakramen Mahakudus

IPMSUROBOYO.OR.ID – Peserta dari tim Kajian Dakwah Islam (KDI) di Pelatihan 5 bidang yang diadakan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Surabaya melakukan tour ke Gereja Sakramen Mahakudus yang bertepatan di Jl. Pagesangan Baru No.4, Pagesangan, Jambangan pada siang hari Minggu (3/9/2023).


Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Surabaya (PD IPM Surabaya) mengajak kolaborasi Pemuda Katolik dan YOUCAT untuk berkolaborasi mengadakan tour gereja dan forum diskusi yang menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.
Kegiatan ini dibuka oleh Ipmawan Fachrudi Putra P selaku perwakilan PD IPM Kota Surabaya kemudian dilanjut dengan sambutan – sambutan.


Sambutan yang pertama oleh Bapak Ari Santosa selaku ketua seksi hubungan agama dan kepercayaan. Kemudian Sekretaris Umum Pemuda Katolik KOMCAB Surabaya, Imanuel Erlangga Sakti V yang menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dari teman – teman Ikatan Pelajar Muhammadiyah.


“Kami mengucapkan terimakasih dari teman teman muhammadiyah yang berkenan berkunjung ke gereja kami” Ungkap Imanuel.
“Ini pertama kalinya dari temen temen muhammadiyah yang main ke gereja kami monggo temen temen yang mau ditanyakan, kita sama sama sharing belajar bersama” Lanjut Imanuel.


Terakhir sambutan dari Marsha Durrotun Nasiha selaku ketua bidang KDI PD IPM Surabaya yang menyampaikan bahwa mewujudkan toleransi kalangan pelajar Surabaya adalah tujuan dari dilaksanakannya tour dan diskusi ini beserta rasa terima kasihnya atas kesempatan yang telah diberi.


Forum diskusi dimulai, rasa penasaran para pelajar Muhammadiyah sangat terasa saat begitu banyaknya pertanyaan yang terlontar. Pertanyaan demi pertanyaan dijawab oleh teman – teman dari Pemuda Katolik dan YOUCAT dengan baik.

Salah satu bagian dari YOUCAT, Ricky Adityanto menyampaikan pendapatnya tentang kegiatan ini.

“Menurut saya ini adalah kegiatan yang menyampaikan keingintahuan, keingintahuan untuk mengenal satu sama lain bukan untuk merendahkan maka dari utu saya berharap ini dapat terus dilanjutkan” ucap Ricky

Sebelum forum ditutup, Ipmawan Abraham Adimukti selaku ketua umum PD IPM Surabaya menyampaikan sedikit cerita mengenai masa kecilnya yang mendapatkan perilaku intoleran dari teman – teman sekolahnya.

“Jadi nama saya itu titipan dari nenek, tapi waktu saya SD nama saya sering di buat olok – olok kalo di bahasa Surabayaan bisa dibilang kebacut lah. Bagaimana kurangnya rasa toleransi antar pelajar, maka dari itu semoga dengan adanya diskusi ini kita bisa menjadi orang yang bisa menghargai perbedaan. Maka saya kira temen – temen jangan datang kesini kalau ada norma yang tidak dapat ditolerir” ujarnya.

Ipmawan Abraham juga menyampaikan rasa terima kasih nya kepada pemuda katolik, YOUCAT dan pengurus gereja yang telah menerima teman – teman Pelajar Muhammadiyah.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada temen – temen gereja, pemuda katolik yang bersedia meluangkan waktu dan tempat untuk berdiskusi” tutupnya.

Setelah itu tim KDI mendapatkan edukasi berupa tour dalam gereja Sakramen Mahakudus yabg dipandu oleh pengurus gereja dan pemuda katolik.
Imanuel Erlangga Sakti V selaku Sekretaris Pemuda Katolik KOMCAB Surabaya mengungkap bagaimana kegiatan ini terselenggara bermula dari forum diskusi.

“Jadi pertamanya waktu kita ada forum diskusi ternyata dari temen – temen PD ada kesulitan, kegiatan bagus seperti ini belum bisa terlaksana maka dari itu kita membantu memberi fasilitas kepada temen – temen PD IPM yang akhirnya terlaksana pada hari ini” ungkap Imanuel.

Imanuel mengaku berharap agar kegiatan ini dapat dilanjutkan di tahun tahun berikutnya

“Harapannya semoga setelah ini temen – temen mendapat nilai atau nilai bermanfaat yang bisa diambil, saya harap kedepannya kegiatan seperti ini dapat diteruskan hingga tahun tahun kedepannya” pungkasnya.

Penulis: Florence Melodia Rahma Devi | Sahabat Media IPM Surabaya

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Salut! Inilah Aksi Nyata Cinta Lingkungan pada Jalan Sehat Sambut Muktamar di Surabaya