Sambut Siswa Baru, SMAMIV Gelar Apel dan Pengenalan Konsep Sekolah

IPMSUROBOYO.OR.ID –

Hari pertama pengenalan siswa baru atau yang biasa disebut dengan Forum Taaruf Siswa (FORTASI) SMA Muhammadiyah 4 Surabaya berlangsung di halaman dan hall sekolah. PR IPM SMAMIV menyambut peserta didik baru dengan antusias dan rasa bangga, Senin (18/7/2022).

Mengawali hari pertama masuk sekolah, seluruh siswa melaksanakan sholat Dhuha dan tadarus bersama. Kebiasaan ini merupakan rutinitas sekolah sebelum pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar. Kemudian kegiatan dilanjutkan apel untuk memperingati Milad IPM yang ke 61.

Untuk mengenalkan konsep dan lingkungan sekolah, PR IPM SMAMIV mengajak siswa baru untuk jalan-jalan menelusuri ruangan sekolah yang dipimpin oleh tiap gugus kelompok. Ruangan itu meliputi laboratorium kimia, laboratorium biologi, meeting room, kelas-kelas yang ada di lantai satu hingga lantai tida, kamar mandi, ruang administrasi, perpustakaan, hingga masjid dan hall sekolah.

Selanjutnya, seluruh peserta didik baru berkumpul di hall untuk mendengarkan materi pertama tentang ke-Muhammadiyah-an. Materi ini disampaikan langsung oleh Kepala SMA Muhammadiyah 4 Surabaya Zainal Arifin, S.Pd.

Beliau menjelaskan tentang perihal penting konsep pendidikan dan dakwah Muhammadiyah yang kemudian KMD ini menjadi mata pelajaran wajib di sekolah Muhammadiyah.

“Hidup-hidupilah Muhammadiyah, tapi jangan mencari hidup di Muhammadiyah.” Pesan Zainal Arifin dihadapan siswa baru yang mengutip KH Ahmad Dahlan.

Materi berlanjut ke Al-Islam yang disampaikan oleh Maryati selaku guru Al-Islam. Beliau menekankan cara menghadapi perkembangan teknologi dimasa remaja sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunnah. Peserta sangat antusias menyimak materi karena disampaikan dengan seru dan menyenangkan.

Setelah dua materi disampaikan, seluruh siswa diarahkan untuk sholat dhuhur berjamaah lalu berkemas untuk pulang. PR IPM SMAMIV menyampaikan pesan mengenai agenda besoknya. (Amelia Sekar Permatasari/RF)

Sumber: http://klikmu.co/sambut-siswa-baru-smamiv-gelar-apel-dan-pengenalan-konsep-sekolah/

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Cara Unik SMAMGA Peringati Hari Sungai Nasional saat FORTASI