Kader IPM Surabaya, Diamanahi Kabid PIP PP IPM

IPMSUROBOYO.OR.ID – Ada yang menarik dari pelantikan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM). Salah satu diantara mereka adalah kader asli Surabaya. Sebut saja Ipmawan Riandy Prawita. Seorang kader yang selalu progressif dalam setiap hal. Apalagi jika menyangkut kegiatan IPM, sudah tidak diragukan lagi keaktifannya.

Ipmawan Riandy Prawita bercerita. Asal mula tertarik pada kegiatan IPM sudah sejak kelas 7 SMP. Namun saat itu takdir berkata lain, ia tidak lolos seleksi masuk IPM kala itu, begitu juga di kelas 8, masih belum lulus juga.

Riandy, sapaan akrabnya, masih ingin terus mencoba agar bisa ikut organisasi ini. Akhirnya pada saat kelas 10 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Ipmawan Riandy telah resmi memakai jas kuning.

“Alhamdulillah, setelah beberapa kali mencoba daftar IPM, akhirnya saya keterima juga.” Cerita Riandy dengan nada polosnya.

Pada tahun kedua berkiprah di IPM, yang mana saat itu kelas 11, Ipmawan Riandy langsung tergabung dalam PD IPM Kota Surabaya. waktu itu ia menjabat sebagai anggota bidang perkaderan periode 2015-2017. Karena keaktifan dan loyalitasnya, ipmawan Riandy terpilih sebagai formatur PD IPM Surabaya periode 2017-2019 dan kemudian terpilih sebagai Ketua Bidang Perkaderan

Bermula disitulah, Ipmawan Riandy terus belajar dan berkembang sesuai dengan fitrahnya pelajar. Memulai dengan sukanya terhadap buku, menyerap informasi, serta Ipmawan Riandy turut andil dalam terbentuknya komunitas Sahabat Literasi yang dinaungi oleh bidang PIP PD IPM Surabaya. Dimana komunitas itu bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar.

“Waktu itu, budaya literasi Indonesia lagi turun-turunnya, oleh karena itu saya berkeinginan teman-teman di IPM mempunyai kebiasaan membaca. Dengan membuat Komunitas itulah sebagai respon cepatnya.” Terang Riandy.

Tidak hanya berhenti disitu, Ipmawan Riandy terus melanjutkan perjuangannya di IPM. Ia diamanahi menjadi ketua bidang Advokasi PW IPM Jawa Timur di tahun berikutnya. Ipmawan yang berkuliah di Universitas Airlangga itu sering kali mengisi pemateri yang diadakan oleh beberapa pimpinan IPM.

Karena mempunyai track record yang baik dan kerjanya sudah tidak diragukan lagi, Ipmawan Riandy diamanahi sebagai ketua bidang PIP PP IPM 2021-2023. Ia berharap banyak kepada para pelajar, bahwa keilmuan tidak hanya baca tulis, tetapi masih banyak hal lain yang bisa di explore.

“Rencana terdekat saya, nantinya akan membuat roadmap bidang PIP Nasional.” Tutup Riandy saat dihubungi via whatsapp. Senin, (30/08/2021).

*Azmi Izuddin

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Cara Unik SPEMSA Bekali Jiwa Wirausaha