Refleksi Menanam untuk Merdeka

IPMSUROBOYO.OR.ID – Mangrove merupakan hutan yang tumbuh diperbatasan antara darat dan laut yang banyak ditanami oleh tumbuhan yang bernama MANGROVE tujuan hutan ini dibuat untuk mencegah abrasi dan dipergunakan untuk memfiltersisasi air  untuk diolah lagi menjadi air bersih yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Akar mangrove yang kuat juga melindungi Masyarakat pesisir. Serta memberikan oksigen yang perlu sekali bagi kehidupan laut maupun di darat, manfaat mangrove juga sebagai sumber mata pencaharian bagi masyarakat pesisir, serta diperuntukan juga sebagai tempat pariwisata bagi masyarakat agar mengenal lebih jauh manfaat dan berbagai macam tanaman mangrove ini.

Bagi kota yang mempunyai hutan mangrove ini harus sangat dijaga keberadaannya karena sangat berguna untuk masyarakat sekitar pesisir, entah untuk menyandarkan perahu mereka saat hendak mencari ikan ataupun saat pasang surut gelombang air laut yang terkadang tidak pasti ketinggiannya. Tetapi, keberadaan mangrove juga dianggap mengancam bagi masyarakat yang ingin memperluas lahan untuk kebutuhan Pembangunan, Karena banyak pertanian serta penebangan kayu untuk kayu bakar.

Dari pembangunan tersebut hilangnya area mangrove yang luas serta dampak lainnya adalah semakin banyak nya limbah yang merusak ekosistem dan kualitas udara. Jika ingin menanam mangrove juga harus selektif dalam memilih bibitnya kalau tidak tepat memilihnya dengan keadaan air yang akan ditanami akibatnya mangrove tidak tumbuh dengan maksimal sehingga hanya mengyia-nyiakan bibit yang harusnya tumbuh sesuai dengan keadaan airnya.

Keberadaan mangrove sekarang sangat minim karena banyaknya kepentingan para investor untuk pembanguan atau mempeluas daerah wisata yang dimana dengan objek yang indah hingga rela menebang mangrove, atas kepentingan kelas atas demi menuruti ego dan dipergunakan untuk bisnis tetapi tidak melihat dampak sekitarnya, padahal mangrove mempunyai manfaat yang banyak salah satunya menyelamatkan lingkungan hidup, bagaimana jika tidak ada mangrove? Apakah kita masih bisa hidup sampai sekarang? Terkadang para investor tidak sadar keberadaan mangrove itu sangat menolong ekologi.

Dengan dibuatnya program menanam untuk Merdeka ini, yang bertepatan di Hutan Mangrove Gunung Anyar. kolabarasi  antara MLH, IMM, Hima Biologi UM Surabaya, IPM, dan KHM Surabaya bersama-sama menanam bibit mangrove di gunung anyar, acara yang ini sebagai momentum memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke – 78, dengan menamam pohon mangrove yang bisa berusia bertahun-tahun untuk dapat menyelamatkan bumi ini serta menjaga kelestarian ekosistem.

Serta kita tahu bagaimana cara menanam mangrove dan jenis-jenis mangrove. Dari kegiatan ini kita juga merasakan kondisi tanah yang kita injak sendiri untuk penanaman mangrove. Dan sejuknya Ketika berada di dalam Kawasan hutan mangrove karena kualitas udara yang baik dan asri. Yaaaa meskipun banyak nyamuknya hehehe…..

Oleh: Benita Tania Gunawan dan Nur Rizki Larasati

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Kadarling SMAMIV, Jadikan Hubungan Kian Harmonis