Matahari Terbit Membawa Penulis yang Berkualitas

IPMSUROBOYO.OR.ID – Pagi hari, Minggu  (16/6/2022) . Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Surabaya yang berkerja sama dengan komunitas FUN Bahasa  menyelenggarakan Kelas Menulis Jilid Pertama  yang bertajuk citizen journalism yang  ikuti 29 yang peserta  berbagai macam  kalangan dengan prokes denagn baik bertujuan menghasilkan penulis yang berkualitas  bertempat di koridor co working Siola lantai 3  Surabaya.

Pada kelas menulis ini memberikan 3 materi dan diawali oleh pembukaan acara oleh MC Ipmawati Marsha Durroutun Nasiha. Pada  materi ke 1 diisi oleh M. Nurfatoni selaku Pimpinan redaksi PWMU.CO.

Beliau memberi sebuah materi yang berjudul “Kepenulisan berita” yang di moderator oleh ipmawati Viradyah Lulut Santosa dari panitia kelas menulis tersebut . Pada saat materi panitia menyuguhkan cemilan dan disediakan  minuman peserta mengisi  sendiri dengan botol yang tidak plastik supaya menjaga lingkungan ini.

Mohammad Nurfatoni saat menyampaikan pemateri yang lugas dan luwes

Dipertengahan materi, peserta disuruh untuk membuat suatu berita namun hanya alinea pertama saja. Saat pemateri bapak Mohammad Nurfatoni berpesan bahwa penulis saat menulis  harus memiliki basic insting yang kuat sehingga mengetahui rasa tahu yang ditinggi dan keraguan mendalam.

Sesi terakhir, peserta diperkenankan untuk bertanya apa pun tentang kepenulisan berita dan dijawab oleh langsung dari bapak Mohammad Nurfathoni. Sesi materi 1 ditutup dan ringkasan dari moderator. Sesi materi 1 berakhir dan dilanjutkan ke materi 2 Sebelum itu peserta istrahat 10 menit untuk memakan cemilan dan makanan siang supaya tidak ngantuk pada materi selanjutnya .

Pada sesi materi 2 diisi oleh Ferry Yudi Antonis Saputra selaku wakil Pemimpin Redaksi KLIKMU.CO. Beliau memberi sebuah materi yang berjudul “Propaganda” yang di moderator oleh Ananda Ipmawan Fani.  Sebelum itu pemateri memberi sebuah film untuk dilihat oleh peserta sebelum acara kelas menulis ini.

 Pemateri 2 sering berinteraksi langsung pada peserta dengan menanyakan hal apa yang diambil dari rekomedasi dari film dari pemateri. pemateri  berpesan penulis harus upload tuliasannya harus mempunyai unsur unsur berguna dan sedikit unsur islam.

Fery Yudi Antonis Saputra berpesan agar berita atau tulisan selalu menampilkan berbau islami

Pada sesi materi 3 diisi oleh Imam Fawaid selaku News Presenter Liputan 6 daerah SCTV, laki-laki tersebut memberi sebuah materi yang berjudul “ Teknik wawancara ” yang di moderator oleh Ananda Ipmawan Rajwaa Arrayan.  Pemateri menjelaskan tenatnga proses wawancara sampai hal hal yang perlu dihindarkan dan berinteraksi dengan peserta dengan pembahasan gaya pemateri.

Imam Fawaid memaparkan teknik wawancara yang baik kepada peserta kelas menulis jidil 1

Pada sesi terakhir para peserta ditugaskan membuat berita dan foto Bersama dengan pemateri dan panitia dan akhir acara ditutup oleh mc dan para peserta pulang dengan tertib dan kondusif.

Penulis Raihan Rahmatullah

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Kewajiban yang Terlewatkan