Inilah Keseruan FORTASI SMP Muhammadiyah 17 Surabaya

IPMSUROBOYO.OR.ID-SMP Muhammadiyah 17 Surabaya gelar Forum Ta’aruf Orientasi (FORTASI) Siswa selama 4 hari s (17 -18 Juli 2023 dan 20 – 21 Juli 2023) dengan tema “Tanamkan Akhlak, Mencetak siswa kreatif dan berkarakter” yang diikuti oleh 45 siswa baru.

 Forum Orientasi dan Ta’aruf Siswa (Fortasi) merupakan salah satu sistem pengkaderan di lingkungan lembaga pendidikan Muhammadiyah. Selain kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sekolah Muhammadiyah menyelenggarakan Fortasi.

“FORTASI merupakan hal utama dalam perkaderan, karena akan menjadi first impression bagi peserta didik baru” Ujar Kaysan Nawfal Ali selaku Sekretaris pelaksana.

Kegiatan Fortasi diikuti oleh seluruh peserta didik baru SMP Muhammadiyah 17  Surabaya (SPEMJITU) dengan acara yang telah disusun anti bosan, mulai pembukaan hingga penutupan. Beberapa tempat menjadi tempat terlaksananya kegiatan FORTASI SPEMJITU yakni; SMP Muhammadiyah 17 Surabaya, perpustakaan umum Balai Pemuda dan Alun Alun Surabaya.

Pada hari pertama kegiatan ini dibuka dengan melakukan apel pagi serta pembukaan resmi dari Forum Silaturahim dan Komunikasi Kepala Madrasah Muhammadiyah (FOSKAM) kemudian dilanjut dengan perkenalan antar siswa serta perkenalan staff dan guru. Adapun materi – materi yang disampaikan dihari pertama yakni ke-IPM an oleh Ilfath Ubaydillah, Kemuhammadiyahan dan Al islam oleh Isyrinasifah, S.IP.

Di hari kedua pelaksanaan kegiatan berada di Perpustakaan Umum Balai Pemuda dan Alun – alun Surabaya. Para siswa – siswi beserta IPM dan guru yang mendampingi Bersama – sama berangkat menggunakan transportasi umum Surabaya yakni Suroboyo bis. Semua peserta sangat bersemangat sehingga kegiatan mengunjungi perpustakaan, melihat lihat lukisan bukanlah hal yang membosankan.

Hari ketiga (20 Juli 2023) diawali dengan pawai kostum tokoh islami oleh kelas 8 dan 9 serta kostum bebas oleh kelas 7 untuk merayakan tahun baru islam 1445. Setelah pawai usai kegiatan ini dilanjut dengan materi character building oleh Enya Novita, M.Pd. disusul dengan kegiatan bertukar makanan serta membuat karya madding 3D dengan tema anti-bullying dan ditutup dengan sosialisasi dari POLRES

Hari keempat sebagai kegiatan puncak FORTASI dimana kegiatan ini menjadi semakin meriah. Diawali dengan green and clean bersama  lalu disusul dengan bebagai macam permainan tim hingga pemutaran film documenter Indonesia Hitam oleh TC IPM, dilanjut dengan sholat berjamaah dan pembagian reward kepada peserta FORTASI. Kemudian FORTASI ditutup oleh Florence Melodia Rahma Devi selaku Ketua Umum PR IPM SMP Muhammadiyah 17 Surabaya.

Andi Alfayed Taba menyampaikan harapannya bahwa “harapan FORTASI tahun ini saya berharap agar siswa siswi baru SMP Muhammaddiyah 17 Surabaya akan terbentuk menjadi pelajar yang cerdas, religious dan berkarakter serta membantu mereka beradaptasi dengan kawasan lingkungan sekolah” tutur ketua pelaksana.

“Semoga dengan dilaksanakan nya FORTASI dapat menjadaikan semangat serta gairah bagi peserta didik baru dalam menuntut ilmu dan mencari tahu, di acara FORTASI kali ini cukup memicu kreatifitas, serta berfikir kritis sehingga dapat menjadi awal yang bagus untuk pembelajaran” tutup Florence Melodia di akhir pidatonya.

Penulis: Florence Melodia Rahma Devi

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Surga untuk PSK