Ciptakan Penulis Muda, IPM Surabaya dan Fun Bahasa Gelar Kelas Menulis

IPMSUROBOYO.OR.ID – Kelas Menulis (Laslis) jilid 1 diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Surabaya berkolaborasi dengan Fun Bahasa berlangsung seru dan menarik. Kali ini mengangkat tema “Citizen Journalism”. Kegiatan tersebut berlangsung di KORIDOR CO-Working Space yang terletak di Siola Jl Tunjungan 1 Surabaya. Ahad (19/6/2022).

Pada kelas menulis hari ini PD IPM Surabaya secara langsung menghadirkan 3 orang narasumber. Kegiatan pada pagi ini dipandu oleh Marsha Durroutun Nasiha sebagai Master of Ceremony dan di awali oleh sambutan Alfano Septiansyah selaku Founder Fun Bahasa.

Selang beberapa menit kemudian kegiatan dilanjut dengan materi pertama berjudul “Teknik Kepenulisan Berita” yang disampaikan oleh Mohammad  Nurfatoni selaku Pempimpin redaksi PWMU.CO.

Beliau berkata bahwa penulis yang baik adalah pembaca yang baik sehingga mengajarkan bagaimana cara menulis teras berita atau yang sering disebut juga dengan lead.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Pemimpin redaksi PWMU.CO, perserta diberi tugas yaitu membuat teras berita. Beliau juga menyampaikan bahwa penulis yang baik harus memiliki basic insting agar dapat menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi dan rasa keraguan yang mendalam.

Setelah materi pertama selesai perserta diberi waktu istirahat selama 10 menit untuk menikmati hidangan yang telah disediakan oleh panitia.

Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yaitu “propaganda” yang disampaikan oleh Ferry Yudi Antonis Saputro yang menjabat sebagai Wakil Pemimpin Redaksi KLIKMU.CO.

 Materi kedua diawali dengan tanggapan perserta setelah melihat film yang telah dipesankan oleh pemateri satu hari sebelum acara Laslis berlangsung. Dan beliau juga berkata bahwa dimana-mana terdapat propaganda.

Materi III yang diisi oleh Imam Fawaid dari News Presenter Liputan 6 Daerah

Berikutnya materi ketiga membahas tentang “Teknik Wawancara” yang di sampaikan oleh Imam Fawaid selaku News Presenter Liputan 6 Daerah. Pemateri menyampaikan dengan sangat detail bagaimana melakukan wawancara yang baik, dimulai  melakukan persiapan wawancara hingga tips agar tidak gagap saat melakukan wawancara.

Acara terakhir ditutup dengan pemberian tugas kepada perserta yang telah mengikuti acara Laslis pada hari siang hari ini.

Penulis Alfian Maulidan Firdaus

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Jelang Fortasi, IPM SMAMIV siapkan Pra-Fortasi untuk Peserta Didik Baru