Asah Imajinasi melalui Tulisan

IPMSUROBOYO.OR.ID – Pelatihan 5 bidang yang dilaksanakan pada tanggal 02/08/2023. Melaksanakan materi pertama bidang PIP yaitu kelas literasi dan imajinasi yang berjudul Asah Imajinasi. Disampaikan oleh Vegasari Yuniati selaku kapten penulis dinas perpustakaan dan kearsipan kota Surabaya dan juga lulusan terbaik Sastra Indonesia FIB UNAIR Tahun 2010.

Vega menjelaskan dasar tulisan ada 2 yaitu fiksi dan nonfiksi. Fiksi yaitu cerita hasil rekaan atau imajinasi penulis, sedangkan nonfiksi berupa berita, ensiklopedia, dan biografi. Kemudian Vega juga menjelaskan pengertian dari cerpen. Cerpen adalah kegiatan mengungkapkan gagasan atau ide dalam bentuk cerpen yang berisi perkenalan, permasalahan, dan penyelesaian masalah. Manfaat dari menulis cerpen yang pertama mengasah kemampuan berpikir kreatif, yang kedua bisa mengekspresikan diri, yang ketiga meningkatkan rasa percaya diri, yang keempat sebagai terapi diri.

Trick menulis cerpen yang pertama mencari referensi bisa melalui membaca buku, menonton TV, mendengarkan music. Yang kedua berdasarkan pengalaman pribadi atau orang lain. Yang terakhir tentang perasaan, bagus tidaknya mood sangat mempengaruhi dalam penulisan cerpen.

Penulis: Ni’ma ashri nur syafa’at | Sahabat Media IPM Surabaya

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Rapat Khusus DPRD Kota Surabaya, Begini Rekomendasi PD IPM Surabaya