5 Pos Ide Permainan, Gaya Baru FORTASI SMAMIV

IPMSUROBOYO.OR.ID. – SMA Muhammadiyah 4 Surabaya (SMAMIV) melanjutkan Forum Ta’aruf Siswa (FORTASI) pada Hari Rabu 20 Juli 2022. Kegiatan FORTASI pada hari ketiga ini diadakan diluar sekolah dengan total 5 pos yang berbeda-beda. Sebelum acara dimulai para peserta FORTASI diwajibkan untuk sholat dhuha dimasjid seperti rutinitas para siswa/i SMAMIV.

Setelah sholat dhuha peserta FORTASI dikumpulkan dipos pertama yaitu lapangan sekolah. Disana mereka diminta untuk menjawab cepat pertanyaan seputar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang sudah disampaikan pada Senin lalu (18/07/22) Jika ada yang bisa menjawab pertama maka gugus itu yang akan lanjut ke pos berikutnya.

Pos kedua terletak dihalaman Lesehan Sumber Sari yang lokasinya tidak jauh dari sekolah, disana peserta diajak untuk menonton kasus bullying dan diminta untuk menyimpulkan kasus bullying di sekolah dan cara pencegahannya, sama seperti pos sebelumnya barang siapa yang paling cepat menyampaikan argumennya maka gugus itu yang akan lanjut ke pos berikutnya.

Selanjutnya peserta diarahkan untuk menuju ke pos ketiga yang berlokasi di depan supermarket Greens Mart Kebraon, berbeda dari sebelumnya kali ini peserta akan bermain tebak gaya, yang dimana peserta harus berbaris menjadi 1 banjar dan menebak kata kunci yang sudah diberikan panitia dengan cara memperagakan tanpa suara kepada teman yang didepannya.

Setelah dipos ketiga peserta beranjak ke pos keempat yang terletak dibelakang supermarket Greens Mart Kebraon, permainan ini disebut dengan tebak gambar. Diawal peserta diminta untuk berbaris membentuk 1 banjar dan setiap 2 orang sekali panitia memberikan clue untuk ditebak dari depan kebelakang, sama seperti pos-pos sebelumnya, barang siapa yang bisa menjawab tebak gambar dengan benar maka gugus itu akan lanjut ke pos selanjutnya.

Pos kelima adalah pos terakhir dimana peserta diarahkan untuk membuat lingkaran dan diberi angka masing-masing peranak, peserta harus mengingat angka milik diri sendiri. Permainan ini seperti bermain estafet bola tapi perbedaannya hanya harus selalu fokus dan berkonsentrasi.

Setelah semua pos dilalui peserta FORTASI diarahkan panitia untuk pulang ke sekolah lalu diberi konsumsi dan dilanjut dengan sholat dhuhur. Terakhir peserta di breafing untuk FORTASI besok (20/07/22)

Penulis : PR IPM SMA Muhammadiyah 4 Surabaya – Aqila As Sahwa

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Pelajar Underground