Sumpah Pemuda

Pada setiap tanggal 28 Oktober, rakyat indonesia memperingatinya sebagai hari sumpah pemuda. Karena di masa kemerdekaan pada waktu itu semangat pemudalah yang berkobar-kobar untuk membangun cita-cita bangsa ini untuk merdeka. Apa yang dimaksud dengan “sumpah pemuda” ??
Sumpah pemuda adalah keputusan kongres pertama pada tanggal 27-28 oktober di batavia. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada ditanan air, bangsa indonesia dan bahasa indonesia dengan keputusan ini di harapakan akan menjadi asas “perkumpulan kebangsaan indonesia”. Istilah sumpah pemuda tidak muncul pada kongres pertama, tapi melainkan di berikan pada setelahnya, berikut tiga bunyi keputusan kongres sebagaimana tercarum pada prastati di dinding museum sumpah pemuda.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Hari Sumpah pemuda yang ke- 91
mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. tema ini diambil untuk menengaskan kembali komitmen yang telah di bangun oleh para pemuda, yang di ikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita mewujudkan cita-cita bangsa. (KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA REPBULIK INDONESIA)

Dan kita sebagai Ikatan Pelajar Muhammadiyah kota Surabaya harus bisa membangun kembali Semangat-semangat pemuda-pemuda di indonesia dan bisa mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Kami Ikatan Pelajar Muhammadiyah mengucapkan SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA yang ke – 91.

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
PR IPM SMAMDA Surabaya Sambut Kunjungan PP IPM dengan Diskusikan Program Unggulan