Semarakkan Hari Batik: Tidak Hanya Memakai Saja, Saatnya Berkarya

IPMSUROBOYO.OR.ID – Mencintai dan melestarikan yang menjadi kekayaan budaya Indonesia menjadi sebuah kewajiban bagi warganya. Oleh karenanya dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Bidang PKK PD IPM Kota Surabaya mengadakan pelatihan batik ‘Shibori’. Ahad (02/10/2022).

Ketua Bidang PKK PD IPM Surabaya M Roichan Choiron mengatakan untuk melestarikan kebudayaan ini salah satunya adalah dengan mengadakan pelatihan kepada kader-kader penerus bangsa.

“Karena dengan pelatihan, mereka tidak hanya mengerti tentang batik, namun juga mengetahui bagaimana cara membuat batik.” Terang Roichan, sapaan karibnya.

Sejak awal pembukaan, para peserta begitu antusias mengikuti acara ini karena diyakini kegiatan ini menjadi sarana bagi pelajar untuk mendapatkan informasi seputar batik dan kerajinan yang dapat memberikan pengalaman bagi mereka.

Hadir dalam pembukaan, Ketua PDM Kota Surabaya Hamri Al-Jauhari mengapresiasi kegiatan ini karena melatih kader-kader Muhammadiyah untuk terus menciptakan inovasi yang baru.

“Karena ini merupakan pelatihan yang menghasilkan karya. Karya masing-masing. Dan hal inilah yang dibutuhkan pelajar saat ini.” Terang Ayahanda Hamri.

Senada dengan Sekretaris Bidang PKK Ipmawan Fachrudi Putra Pamudji, nantinya karya-karya mereka akan mempunyai nilai jual tersendiri untuk menjadi wirausaha yang salah satunya dengan batik ini.

“Diharapkan juga pelatihan ini diturunkan kepada tingkat pimpinan dibawahnya sehingga bisa berdampak lebih luas.” Terang owner Mie Bengis ini.

 Di penghujung acara, para peserta memamerkan hasil karyanya, mereka begitubergembira dan tidak menyangka ternyata dirinya bisa membatik.

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Yuk Kajian Lur!