Refleksi Milad IPM ke-60

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) merupakan sebuah wadah yang di dalamnya berisikan pelajar-pelajar yang sangat peka terhadap perkembangan zaman. Kader IPM adalah motor, penggerak, dan aksentuator dalam gerakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar. IPM tidak hanya sebuah organisasi pelajar, namun IPM juga bisa menjadi penentu arah bangsa Indonesia berikutnya. Karena IPM merupakan salah satu sayap persyarikatan Muhammadiyah di tengah-tengah masyarakat.

60 tahun sudah IPM hadir. Selama itu pula lahir orang-orang luar biasa yang saat ini merupakan penentu arah bangsa. Contohnya adalah Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si., yang merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, ada juga Dra. Hj. Siti Noordjannah Djohantini, M.M, M. Si., yang merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, dan masih banyak lagi. Dari dua tokoh tersebut sudah jelas membuktikan bahwa IPM merupakan wadah yang cocok dan tepat bagi para kader yang terketuk hatinya untuk memimpin di masa yang akan datang.

Namun Milad IPM yang ke-60 pada tahun 2021 ini kita semua masih diuji oleh Allah SWT. Untuk terus tumbuh dan survive, agar dapat melewati badai pandemi yang saat ini masih melanda bangsa kita. Memasuki era digitalisasi, IPM meresponnya dengan menghadirkan Big Data IPM. Melalui My IPM yang dapat diakses melalui website ataupun gadget, para kader dapat memasukkan data, info, hingga berita kegiatan untuk dapat diketahui oleh para kader lainnya. Seperti membuat dunia baru, IPM berusaha untuk tetap mempertahankan eksistensinya sebagai pemegang 4x OKP Terbaik Nasional dan 3x Asean TAYO Award. Ini merupakan bukti nyata IPM dalam merespon zaman yang sudah memasuki zaman digitalisasi.

Keberhasilan IPM tersebut tak lepas dari peran penting seluruh kader IPM dimana pun berada. Karena IPM bukan organisasi perseorangan, melainkan organisasi kolektif-kolegial. Kondisi saat ini yang sedang ramai diperbincangkan antara lain isu ekologi. Isu ekologi kini juga diangkat oleh IPM melalui gerakan Student Earth Generation, yang mana ini merupakan respon perlawanan terhadap pengerusak ekosistem alam yang ada di negara ini. Karena jika melihat fakta di lapangan, kondisi kesehatan masyarakat sekitar jauh lebih penting untuk kita bantu dan selamatkan. Jika kita sadari, alam juga memberikan kita kesehatan yang dapat menyehatkan tubuh kita. Alam yang juga membantu menjaga kita. Ditambah situasi pandemi seperti saat ini, kondisi alam juga sangat membantu untuk memberi udara segar untuk kita hirup agar dapat menyehatkan tubuh.

Kini Masyarakat Indonesia sedang banyak sekali membutuhkan bantuan. Dengan umur dan segala yang berhasil dicetuskan oleh IPM, diharapkan mampu berdampak langsung kepada masyarakat. Baik gerakan, ilmu, hingga rumusan yang dapat membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa dan negara yang kuat.

Selamat Milad Ikatan Pelajar Muhammadiyah ke-60 Tahun.

Penulis : Abraham Adimukti
Editor: Handie Pramana Putra

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Tetap Berbagi di Segala Kondisi! PR IPM Muse Kembali Sebar Manfaat