Memakmurkan Masyarakat Kota ditengah pendemi Covid-19 Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Surabaya bersama PT. Pelindo Energi Logistik

Bulan suci Ramadhan akan tiba. Semoga kita akan tiba di bulan penuh keberkahan dan rahmat Allah Swt yang didambakan oleh semua umat Muslim di dunia. Kenikmatan hidup di dunia ini kira-nya jangan sampai melenakan kita, demikian pula dengan kenikmatan yang Allah berikan di bulan Ramadhan, kiranya kita harus bertekad untuk memanfaatkan serta meraih lebih banyak cinta-Nya.
Hidup adalah pilihan. Lakukan yang terbaik di hidup ini, maka kita juga akan mendapatkan segala hal yang terbaik dari Allah Swt. Seperti yang dikatakan oleh-NYA : “Barangsiapa berbuat kebaikan, meskipun hanya sebesar dzarroh(atom) sekalipun, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan, meskipun hanya sebesar dzarroh sekalipun, dia akan melihat (balasan)-nya.” (QS.Al-Zalzalah : 7 — 8).

Jadi jika kita ingin mendapatkan kebaikan dalam hidup ini, lakukan segala hal yang baik dan terbaik yang dapat kita lakukan semata untuk mendapatkan cinta dari-NYA. Di bulan Ramadhan ini Sang Maha cinta memberikan balasan berlipat ganda. Manfaatkan kesempatan di bulan yang akan tiba dalam beberapa hari ini.

Ramadhan di tahun ini Memanglah sangat berbeda dengan Ramadhan sebelumnya, di Ramadhan kali ini kita menjalani fase di manja kita ditempa sedikit lebih keras. Kita menghadapi sebuah fenomena yaitu pandemi virus covid-19, pendemi covid-19 ini memaksa kita para umat muslim untuk berpikir lebih keras dengan menjalani rutinitas yang sedikit di modifikasi, bekerja di rumah, beribadah di rumah, bersosial distance adalah rutinitas baru kita. Bagaimana tidak, karena virus ini sungguhlah berbahaya bagi kita yang rentan terhadap penyakit. Hanya dengan saling menyentuh, dan berdekatan kita sudah rentan tertular virus ini. Hal ini sangat memaksa kita untuk menjalani ibadah dibulan Ramadhan dengan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya .

Tak luput itu, kami Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah juga mengubah serta memodifikasi program kerja kami.
Dimana rutinitas Ramadhan para kader ikatan pelajar Muhammadiyah yang biasanya gencar dengan adanya Event Ramadhan, maka kami dipaksa untuk menghentikan aktivitas kami. Namun, namanya juga pelajar. Yang normalnya memiliki naluri sedikit nakal, maka kami memiliki trik dimana kita bisa tetap bersosial care ditengah sosial distance. Kami yang notabennya juga bergerak di gerakan sosial tidak mau berhenti menemukan solusi ditengah masalah. “Banyak jalan menuju Roma” kata orang-orang, maka kami insyaallah bisa menemukan jalan sosial menuju masyarakat sejahtera ditengah pendemi.


Kali ini, kami berkolaborasi dengan sebuah perusahaan BUMN yang bergerak dibidang energi dan logistik yaitu PT. Pelindo Energi Logistik. Ada yang menarik dalam kolaborasi ini, kedua instansi ini sama-sama mencari jalan ditengah larangan Pemerintah akan gerakan yang mengundang massa.
Kami PD IPM Surabaya dengan PT. Pelindo Energi Logistik telah bersepakat akan membuat sebuah gebrakan yaitu kami akan mendistribusikan konsumsi untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan tahun ini. Tidak tanggung-tanggung kami akan membagikan konsumsi berbuka puasa full selama satu bulan di bulan Ramadhan. Rencana akan membagikan sebanyak 100 per harinya. Ini adalah sebuah gerakan sinergi yang Insyaallah memakmurkan masyarakat kota Surabaya.

Mudah-murahan dengan jalan tulus ini bisa menjadikan ladang rezeki bagi kedua institusi ini dan juga bisa bermanfaat bagi masyarakat kota Surabaya ditengah musibah pendemi covid-19 ini.

Nuun Walqolami wama yasthurun.
Nuun demi pena dan segala jiwa sosial didalamnya.
Waassalamu’alaikum Wr. Wb

Penulis : M. Nur Sugianto
Editor : Handie Pramana Putra

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
PD IPM Surabaya Audiensi dengan Disbudporapar Kota Surabaya
IPM Surabaya dan Disbudporapar Kota Surabaya Siap Kolaborasi Aksi