Kyai Dahlan ternyata Dakwah dengan Nyangkruk!

Foto resmi KH Ahmad Dahlan yang ditetapkan oleh PP Muhammadiyah: bagian tertib organisasi

Oleh: Khusnun Nihaya

Anggota Bidang KDK PD IPM Surabaya

Sosok yang satu ini tidak perlu diragukan untuk intelektual profetiknya. Sosok yang sangat menerapkan konsep teologi Al-Ma’un ini ternyata memiliki teknik tersendiri untuk meng-goals kan konsep tersebut.

Kemudian, teknik seperti apa yang di lakukan kyai dahlan? Yakni sebuah teknik Nyangkruk,Secara umum pendakwah hanya melakukan dakwahnya di masjid ataupun majelis taklim. Namun di sini, Kyai Dahlan memiliki keunikan dalam menyebarkan agama Islam. Yakni dengan cara Nyangkruk untuk menyampaikan ceramah agama.

Istilah Nyangkruk sering di tafsirkan sebagai kegiatan yang membuang waktu, tenaga atau uang. Melihat reality saat ini kegiatan Nyangkruk bukan lagi tentang ketidak bermanfaatan diri, justru pendalaman diri pada suatu Hal. Nyangkruk juga sudah di terapkan Kyai dahlan pada muridnya.

Yakni Dakwah dengan mendudukkan mereka di lesehan Dan bercerita atau berdakwah dengan culture budaya yang Ada disana. Meski Ada budaya yang salah, namun Kyai dahlan tidak langsung menyalahkan tapi memberitahu dengan perlahan.
Secara umum istilah Nyangkruk yakni kegiatan seseorang bersama dengan orang lain duduk melingkar untuk berbincang, tegur Sapa Dan berdiskusi.

Apa yang di lakukan kyai dahlan sesuai hadist riwayat tirmidzi
” Dari Abdullah bin Umar: Rasullullah Saw bersabda : sampaikanlah Dari padaku walaupun satu ayat”
Kecerdasan intelektual Kyai dahlan sangat luar biasa. Tampa Kita sadari beliau sudah pernah menerapkan apa yang Kita lakukan saat ini.

~ Kelemahan biologis manusia adalah kondisi dari budaya manusia ~ Erich Fromm

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
IPM Mulyorejo “Tanggap Bencana Bukan Mereka Tapi Kita Semua!”