Peringati Hari Literasi Internasional, SMP Musix Gelorakan Kegiatan Literasi

IPMSUROBOYO.OR.ID – Kamis (8/9/2022) yang bertepatan dengan hari Literasi Internasional, seluruh siswa SMP Muhammadiyah 6 (Musix) Surabaya adakan kegiatan membaca buku serentak sebelum memulai pelajaran. Buku-buku yang dibaca siswa diperoleh dari Pojok Baca yang tersedia di setiap kelas. Buku yang mereka baca pun bermacam-macam mulai dari novel, komik, dongeng hingga ensiklopedia.

“Adanya Pojok Baca di setiap kelas mampu meningkatkan minat baca siswa SMP Musix Surabaya. Namun, sayangnya hanya siswi perempuan yang antusias. Sebab, sekitar 80% siswa yang minat baca itu kebanyakan anak perempuan. Sedangkan untuk siswa laki-laki kurang tertarik, jika tidak diberi perintah dan contoh kegiatan membaca baru mereka ikut baca,” ujar Siti Nor R.,S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia.

Selain itu, lanjut ustadzah Nor, adanya Pojok Baca menyebabkan murid pun lebih sering menghabiskan waktu istirahat dan waktu luang mereka dengan membaca buku di kelas. Seperti pengakuan salah satu siswa, Axelia kelas 7B.

“Aku udah mulai suka dan tertarik baca buku komik sejak adanya Pojok Baca dan kegiatan literasi di kelasku. Untuk jumlah buku, biasanya aku cukup membaca 1 buku setiap hari,” tutur Axelia.

Melalui Pojok Baca dan kegiatan literasi diharapkan lebih meningkatkan minat siswa-siswi SMP Muhammadiyah 6 Surabaya dalam membaca. Sebab, jika kebiasaan membaca dipelihara sejak dini, niscaya mampu membentuk karakter positif dan wawasan yang lebih luas.

Sayangnya, saat ini minat membaca buku mulai memudar di kalangan anak-anak dan remaja. Padahal kebiasaan membaca atau literasi sangat penting dalam kehidupan para remaja yang bermanfaat untuk:

  1. Menciptakan dan mengembangkan budi pekerti yang baik.
  2. Menciptakan budaya membaca di sekolah dan masyarakat.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan informasi bermanfaat.
  4. Meningkatkan kepahaman seseorang terhadap suatu bacaan.
  5. Membuat seseorang bisa berpikir kritis.

Menurut Ustadzah Nor, bila merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan bahwa literasi adalah suatu kegiatan mengolah dan menambah wawasan, baik lewat media cetak maupun media online. Kegiatan literasi ada bermacam-macam, mulai dari sekedar membaca, menulis, berhitung, mendengarkan atau bahkan mengetik.

“Sudahkah Anda Membaca Hari ini?”, pungkas ustadzah Nor.(*)

Penulis: Alessandra Maura

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Isi Materi dengan Penuh Komunikasi dan Diskusi