Inilah Keseruan FORTASI hari ke-2 di SMKM2

IPMSUROBOYO.OR.ID – Forum Taaruf Siswa (FORTASI) memasuki hari kedua di SMK Muhamadiyah 2 Surabaya dimulai dengan doa bersama dan sholat duha di aula sekolah. Kemudian berlanjut ke pembekalan materi hizbul wathan kepada seluruh siswa baru yang disampaikan oleh Achmad Sulaiman.

Pada kesempatannya, Achmad Sulaiman mengawali dengan salam dan sapaan serta memperkenalkan diri ke siswa-siswi dengan cara menanyakan siapakah nama beliau. Tapi ternyata sudah banyak yang kenal sebelum beliau memberi tahu siapa namanya. Dengan rasa bahagia menyapa siswa-siswi dan juga ada beberapa alumni dari SMP dimana tempat Achman Sulaiman bekerja.

Materi yang disampaikan sangat informatif dan pembawaannya bisa dikatan serius dan asik. Bisa dibilang menyampaikan sebuah materi yang mudah dicerna oleh siswa dan siswi dengan diberi candaan yang bisa membuat siswa dan siswa lebih bersemangat untuk menerima.

Sepanjang materi dijelaskan siswa dan siswi antusias mendengarkan dan memahami apa yang di sampaikan oleh pemateri. setelah menerangkan beberapa  materi tentang hizbul wathan, beliau memberikan pertanyaan dan sedikit permainan kepada siswa dan siswi. Dengan menunjukan beberapa gambar bendera dan menyutuh siswa dan siswi untuk menebak apa nama bendera tersebut. Dimulai dari bendera Indonesia, pramuka, dan hizbul wathan. Siswa dan siswi dengan cepat menjawab bendera tersebut.

Achmad Sulaiman saat menyampaikan materi HW dengan asyik-informatif

Tidak hanya selesai dengan permainan tebak bendera, materi dilanjut dengan memberi pertanyaan kepada siswa dan siswi yaitu “apa itu kepanduan?”

 Diberi waktu kurang lebih satu menit untuk menjawab dan menulis jawabannya di kertas. Setelah waktu habis dan sebelum menjawab Achamad Sulaiman memberikan permainan lagi dengan cara mengambil beberapa minuman gelas dan memberikan ke siswa siswi. Permainan dilakukan dengan cara menyanyikan lagu bersama-sama dan memegang secara bergiliran sampai lagu di berhentikan oleh Bpk. Sulaiman, jika gelas berhenti disalah satu siswa atau siswi maka siswa siswi tersebut harus berdiri dan maju untuk memberikan jawaban mereka.

Siswa-siswi yang maju memiliki jawaban yang berbeda beda, ada yang menjawab “Gerakan pandu” ada yang menjawab “sandi morse” dan ada juga yang belom menulis jawabannya, dan beliau memberikan pada siswi yang belom menulis jawabannya dengan memberi candaan siswi tersebut menulis jawaban “belum ditulis pak”, setelah memberikan semua jawabannya siswa dan siswi dipersilahkan untuk duduk Kembali, dimulai pukul 08:15 sampai 08:45 siswa dan siswi mendapatkan banyak ilmu baru dan tentu saja siswa siswi sangat terhibur.

Penulis: Rfky Al Fitrah

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Meningkatkan Kualitas Penulis Muda Melalui Kelas Menulis