Inilah Alasan dan Harapan Aksi Masa Kolaborasi HLHS 2022 Dilakukan!

IPMSUROBOYO.OR.ID – Sejumlah kesatuan aksi masa kolaborasi menggelar beberapa kegiatan untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) 2022.

Kesatuan masa tersebut meliputi Muhammadiyah Pecinta Alam Surabaya (MUPALAS), Kader Hijau Muhammadiyah (KHM) Surabaya, PD IPM Surabaya dan Pelajar Mengajar. Mereka bersepakat untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan mengadakan aksi-aksi yang menarik.

Ketua MUPALAS Syahries Awaludin mengungkapkan bahwasannya aksi ini digelar atas dasar untuk menyadarkan nelayan dan masyarakat agar memperhatikan sampah-sampah yang berada di bibir laut.

“Paling tidak mereka bisa membuang samaph pada tempatnya, karena sampah ini akan berdampak pada kehidupan mereka sendiri.” Terang Syahrian saat dihubungi melalui Whatsapp. Sabtu (4/06/2022).

Ketua MUPALAS Syahrian Awaludin saat berorasi menggaungkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan

Jikalau sampah ini tidak berserakan, lanjut Syahrian, maka nelayan akan bisa leluasa dan nyaman terhadap pekerjaannya. Ikan-ikan pun juga tidak akan terganggu habitatnya. Sehingga kehidupan manusia dan ekosistem laut akan terjaga.

“Begitu pula sebaliknya, jika sampah menumpuk terutama di bibir laut, ini akan membahayakan. Baik bagi ikan yang kecil-kecil dan mata pencaharian nelayan ikut terganggu.” Jelas Orion, panggilan sapaan akrabnya sehari-hari.

Selaras dengan perwakilan dari Kader Hijau Muhammadiyah Komite Surabaya Aqsya Ahmad mengutarakan harapannya bahwa aksi ini perlu terus digalakkan di setiap tahunnya, jikalau mungkin tidak hanya memperingati HLHS saja, melainkan disetiap kegiatan-kegiatan pada umumnya.

“Sehingga kebiasaan-kebiasaan yang peduli terhadap lingkungan bisa melekat di hati masyarakat  terutama bagi mereka yang tinggal di pesisir laut.” Tutur Aqsya kepada IPMSUROBOYO.OR.ID.

Karena memang, lanjut Aqsya, hal ini sangat berdampak pada masyarakat yang tinggal di pesisiran. Masih banyak manusia yang hidupnya bergantung pada kelestarian lingkungan laut. (Azmi Izuddin)

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Surabaya ialah Tuan Rumah Musyawarah Wilayah XXII Jawa Timur