Dibalik Kesuksesan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia biasa diperingati setiap tanggal 5 Juni, melihat banyaknya permasalahan dan ketidakpedulian masyarakat akan sampah mendorong aktivis Muhammadiyah untuk bergerak dan menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia.

Kolaborasi aksi ini diselenggarakan dari berbagai pimpinan, mulai dari MUPALAS, KHM Surabaya, Komunitas Pelajar Mengajar, PD IPM Surabaya, juga ada PC IPM Gubeng, PC IPM Asemrowo, PC IPM Krembangan, PC IPM Kenjeran, PC IPM Simokerto, PR IPM Sukolilo, dan PR IPM SMP Muhammadiyah 13 Surabaya.

Sebelum malam puncak closing HLHS 2022, ada rangkaian kegiatan 3 pekan sebelumnya, yakni:

  • Pekan 1 : Brand Audit Sampah di Pantai Kenjeran

Dilaksanakan pada 15 Mei 2022 di Pantai Kenjeran. Dari aksi ini, diketahui data yakni perolehan sampah plastic non brand adalah 12kg, perolehan sampah kain 13kg, perolehan sampah botol 4 ½ kg, perolehan sampah sachet 4kg.

Brand Audit Sampah di Pantai Kenjeran
  • Pekan 2 : Creative Long March di Jembatan Suroboyo

Dilaksanakan pada 22 Mei 2022 di Jembatan Suroboyo dengan membentangkan banner dan poster sebagai aksi kampanye untuk upaya mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peka terhadap lingkungan.

Creative Long March di Jembatan Suroboyo
  • Pekan 3 : Koreo Laut Nelayan Sukolilo di Selat Madura

Dilaksanakan pada 29 Mei 2022 di Selat madura dengan berbagai macam poster seruan untuk menjaga lingkungan dan juga orasi di tengah selat yang disaksikan oleh pengunjung pantai

Koreo Laut Nelayan Sukolilo di Selat Madura
  • Pekan 4 : Nobar Film Dokumenter “Bersih lautku, sejahtera nelayanku”

Dari seluruh rangkaian kegiatan ini, sampailah pada pekan ke 4 yakni Nobar Film dokumenter kegiatan selama 3 pekan yang lalu di SD Muhammadiyah 9 Surabaya pada 5 Juni 2022 bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Film yang berdurasi sekitar 35 menit ini mengangkat maraknya isu-isu lingkungan yang dihiraukan oleh masyarakat juga dengan berbagai semarak rangkaian aksi menuju Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Closing Aksi HLHS 2022 dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dan seluruh peserta yang mengikuti rangkaian HLHS 2022. Dibuka dengan menyanyikan lagu Ibu Pertiwi bersama dan nobar dokumenter “Bersih Lautku, Sejahtera Nelayanku”.

Nobar Film Dokumenter “Bersih lautku, sejahtera nelayanku”

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

5 Juni 2022.

Terimakasih untuk semua yang menjadi bagian dari rangkaian HLHS 2022 Suroboyo.

Mari bersama menjaga lingkungan dan menjadi manusia yang lebih baik untuk bumi.

Bersih lautku, Sejahtera nelayanku, Sehat Lingkunganku!. #HLHS2022SUROBOYO

Penulis: Adinda Febry M
Bidang Lingkungan Hidup PD IPM Surabaya

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Pelajari Sejarah Perjuangan, SMAMSA Tutup FORTASI 2022 di Tugu Pahlawan