Dari Kreasi sampai Inaugurasi, Inilah Cerita FORTASI SMPM 11 Surabaya

IPMSUROBOYO.OR.ID – Dalam rangka pengenalan lingkungan sekolah, SMP Muhammadiyah 11 Surabaya menggelar agenda rutin yaitu Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa atau biasa disingkat dengan FORTASI.

Pada tahun ajaran 2022/2023 ini FORTASI SMP Muhammadiyah 11 Surabaya mengasung tema “Ekologi dan Teknologi Informasi”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, dari tanggal 18 hingga 21 Juli.

Tujuan dari kegiatan FORTASI ini adalah untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa-siswi baru SMP Muhammadiyah 11, sekaligus membekali para siswa baru dengan berbagai macam materi dan kegiatan dengan harapan para siswa baru dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Pada agenda hari pertama (18/7), FORTASI dibuka dengan pengenalan IPM dan diselingi dengan zoom meet dari Foskam Surabaya. Kemudian diisi dengan materi pengenalan sekolah dan materi ke-Islaman.

Pada hari kedua (19/7), siswa-siswi baru di arahkan menuju kelas yang sudah diatur oleh pendamping gugus nya untuk dzikir dan mengaji pagi yang didampingi oleh pendamping IPM dan guru nya masing-masing, kemudian diisi dengan materi kemuhammadiyaan dan materi pengenalan lagu-lagu Muhammadiyah yang di sampaikan oleh Pimpinan Cabang IPM Krembangan Surabaya.


Ada juga materi kedisiplinan yang diisi oleh bapak Iptu Munir dari Polres KP3 Tanjung Perak Surabaya, dan diselingi dengan kegiatan Recycle atau pemanfaatan barang bekas dengan cara siswa-siswi baru membuat barang kreasi dari botol bekas.

Iptu Munir selaku perwakilan Polres KP3 Tanjung Perak saat mengisi materi dihadapan peserta

Hari ketiga (20/7), hampir sama seperti hari kedua yakni di awali dengan dzikir dan mengaji pagi di kelas masing-masing, lalu diisi dengan materi ke-IPM an yang di sampaikan juga oleh Pimpinan Cabang IPM Krembangan Surabaya dan kegiatan menghias tumblr untuk ice breaking, kemudian siswa-siswi baru di ajak berkeliling di wilayah sekolah oleh pendamping gugus nya masing-masing.

Pada hari keempat sekaligus hari terakhir FORTASI (21/7), masih sama seperti hari kedua dan ketiga siswa-siswi mengawali kegiatan nya dengan dzikir dan mengaji pagi di kelasnya masing-masing, kemudian diisi dengan materi Pelajar Anti Tawuran yang disampaikan oleh dr Zuhrotul Mar’ah Laila.


Untuk menutup kegiatan FORTASI tahun ajaran 2022/2023, Siswa-siswi baru mempertunjukkan keahlian dan keterampilan nya di acara inaugurasi, di acara inaugurasi juga di selingi dengan kegiatan demoekstra yaitu kegiatan yang mempromosikan ekstrakurikuler sekolah kepada siswa-siswi baru.

Kegiatan ditutup dengan pesan kesan dan ucapan selamat bergabung di sekolah SMP Muhammadiyah 11 Surabaya yang disampaikan oleh Arief Himawan S.pd.i selaku kepala sekolah.

“Saya berharap, dengan kehadiran siswa-siswi baru yang mendaftar di sekolah SMP Muhammadiyah 11 Surabaya ini bisa membanggakan nama sekolah dan bisa berprestasi di bidang nya masing-masing” ucap Arief Himawan.

Siswa-siswi baru juga merasa senang dengan kegiatan FORTASI yang di selenggarakan selama 4 hari ini.

“Saya merasa senang karena bisa mendapat teman dan sensasi baru di sekolah SMP Muhammadiyah 11” ungkap salah satu siswa baru.

Penampilan Inaugurasi siswa diakhir penutupan FORTASI

Penulis : Medina Dwifa Nur Laila

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Perkuat Organisasi, Aliansi Supporter Muhammadiyah Surabaya Turba Menemui “SMAMSA Mania”