Cegah Tindakan Bullying, FORTASI SMP Musix Ceria Datangkan Pemateri dari Polsek Karangpilang

IPMSUROBOYO.OR.ID – Bullying merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan
sengaja oleh seseorang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. Hal ini menjadi landasan IPM SMP Muhammadiyah 6 Surabaya untuk memberikan materi tentang Stop Bullying pada kegiatan FORTASI 2022. Selasa, (19/07/2022).

Kini kita berada di era digital berarti cyberbullying juga sering terjadi, seperti menyebarkan kebohongan tentang seseorang atau memposting foto memalukan tentang seseorang di media sosial. Bullying verbal adalah tindakan penghinaan dan pelecehan secara verbal yang dilakukan kepada orang lain.

Kasus bullying banyak terjadi di Indonesia yang mana melibatkan siswa sekolah. Hal itu dapat membuat siswa menjadi depresi dan bisa menghambat proses belajar siswa di sekolah,

SMP Muhammadiyah 6 Surabaya mendatangkan Polsek Karangpilang Yulis Setikah untuk menyampaikan materi Stop Bullying kepada siswa-siswinya, seperti apa itu bullying, apa saja macam-macam bullying seperti Physical Bullying, Verbal Bullying, Social Bullying, Cyberbullying, Sexual Bullying, dan apa dampak dari bullying. Upaya ini bertujuan agar adanya kesadaran yang dimiliki oleh siswasiswi akan dampak dan bahayanya melakukan bullying terutama disekolah.

Pada saat penyampaian materi Stop Bullying Yulis Setikah memberi sesi tanya jawab kepada para siswa-siswi jika ada yang tidak dimengerti. Dan diakhir penyampaian materi Stop Bullying Polsek Karangpilang dan para siswasiswi bersama-sama melakukan Deklarasi Anti bullying dan Stop kekerasan.

“Saya senang bisa dapet ilmu baru tentang bullying. Jadi lebih tau arti kata bullying, jadi ngerti apa aja macam-macam bentuk bullying, terus juga jadi tau hukuman bagi orang yang berlaku bullying” ujar Retno Eka,salah satu murid kelas 9.

Penulis: Rafi Yusuf Pratama, Himas Ajeng Sekar Wangi

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Begerak Maju Mewarnai Perubahan