Afif Kurniawan: Kenali Limit Waktu Belajar Anda

IPMSUROBOYO.OR.ID – Salah satu dampak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi pelajar adalah sering merasa bosan dan jenuh. Hal ini disebabkan karena terlalu lama menatap layar HP/laptop. Apalagi setiap hari pembelajaran dilangsungkan melalui layar. Untuk mengatasi hal itu semua, dosen psikologi Universitas Airlangga Afif Kurniawan mempunyai triknya.

Hal ini dijelaskan pada acara talkshow pelajar yang dihadiri oleh 30 peserta dari berbagai asal sekolah di Surabaya. Baik negeri maupun swasta. Sebagai narasumbernya adalah Ketua Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya Tri Endang Kustianingsih dan Dosen Psikologi Universitas Airlangga Afif Kurniawan. Bertempat di Koridor Coworking Space Surabaya. Ahad, (20/03/2022).

Pada saat segmen sesi tanya jawab Talkshow Pelajar “Refleksi 2 Tahun Pembelajaran Jarak Jauh” salah satu peserta, Faila dari SMA Negeri 2 Surabaya mengungkapkan keresahannya saat melakukan PJJ. Ia bercerita bahwa tidak bisa melakukan pembelajaran yang optimal karena mata sering lelah dan tubuh cepat lemas.

“Bagaimana sih Pak Afif, cara mengatasi kejenuhan saat Pembelajaran Jarak Jauh?” Tanya Faila mewakili 30 peserta yang hadir saat talkshow.

Dengan bahasa yang mudah dimengerti, Afif Kurniawan menjelaskan bahwasannya memang dalam berkegiatan online, seluruh tubuh kita difokuskan hanya satu. Yaitu diam dan menatap layar. Tidak hanya mata saja yang berdampak, namun hampir seluruh tubuh.

“Perlu kita sadari teman-teman, bahwa kemampuan mata kita biasanya 20-40 menit saat menatap layar. Setiap pelajar pasti berbeda-beda. Ada yang 20 menit sudah lelah, ada yang 30 masih bisa bertahan.” Terang Afif.

Kemudian yang harus kita lakukan adalah, lanjut Afif, memberi jeda atau waktu istirahat bagi mata dengan cara melihat sekeliling benda yang ada disekitar. Lebih baiknya lagi adalah berdiri dan berjalan-jalan melihat tumbuhan yang hijau.

Penulis: Redaksi

Peserta talkshow pelajar dari perwakilan sekolah-sekolah di Surabaya

IPM Televisi

Sosial Media Resmi

More Stories
Ada Operasi Semut di Campcer PD IPM Surabaya